Tips Memilih Warna Cat untuk Interior Rumah Minimalis Modern - Ya Anda mampu merenovasi tampilan interior rumah menjadi lebih keren dengan warna cat interior yang tepat. Warna yang sempurna tidak hanya membuat ruangan lebih terasa nyaman namun juga dapat menonjolkan kepribadian Anda, efeknya suasana rumah jadi semakin bikin betah saja :)

Kunci dalam memilih warna cat untuk interior rumah yang sempurna yaitu seberapa baik warna cat dapat berbaur dengan unsur-unsur lain dalam ruangan. Alih-alih memilih warna cat interior yang umum dan konvesional, kenapa tidak mencoba hal gres dengan memilih kombinasi warna cat yang tepat? Nah untuk itu mari simak terus ya ulasan memilih warna cat untuk interior rumah berikut ini.

Pertama-tama, Anda perlu memutuskan berapa banyak anggaran yang Anda sediakan untuk mengecat interior rumah. Setelah menetapkan anggaran, buat gambaran yang terperinci dalam pikiran, wacana hasil tamat renovasi ruang interior rumah Anda.

Langkah selanjutnya, pelajari dasar-dasar wacana cat dan warna. Ada banyak jenis dan merek cat yang mampu Anda gunakan. Pilihlah merek yang berkualitas dan sesuai dengan anggaran Anda.

Menentukan bagan warna cat interior rumah merupakan langkah yang paling penting yang akan menetukan tampilan interior rumah Anda. Skema atau perpaduan warna ini perlu dilakukan dengan hati-hati, alasannya yaitu jikalau salah memilih warna maka risikonya mampu mengecewakan dan ruang interior akan tampak norak. Untuk menghindari kesalah ini, berikut beberapa bagan warna yang sering digunakan untuk menghasilkan perpaduan warna yang indah.

3 Jenis Kombinasi Warna
1. Skema warna monokromatis: Skema ini menggunakan  gradasi dan nuansa warna yang sama.

2. Skema Warna Analog:  Skema warna ini menggunakan warna-warna yang diposisikan saling berdekatan. Satu warna secara umum dikuasai dengan warna lainnya digunakan untuk highlight.

3. Sekma warna complementary: Dalam bagan ini menggunakan warna yang saling melengkapi.  Anda dapat bereksperimen dengan bagan ini dengan mengambil tiga warna menyerupai merah, kuning, dan biru atau perhiasan ganda yang mencakup empat warna yang berlawanan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menetapkan bagan warna untuk interior rumah.

- Ruangan yang akan dicat dan korelasinya dengan seluruh rumah
- Skema warna yang ada di rumah
- Total luas ruangan
- Pencahayaan alami dalam ruangan
- Pencahayaan buatan dalam ruangan
- Furnitur yang ada di dalam ruangan
- Perabot yang akan dipasang

6 Ide Warna Cat untuk Interior Rumah 

Interior rumah dengan perpaduan warna biru

Interior rumah dengan perpaduan warna hijau

Interior rumah dengan perpaduan warna kuning

Interior rumah dengan perpaduan warna merah

Interior ruma hdengan perpaduan warna orange

Interior rumah dengan perpaduan warna violet

Tips Memilih Warna Cat untuk Interior Rumah Minimalis Modern


- Periksa warna cat dengan cahaya alami dan di bawah cahaya buatan. Warna cat akan terlihat sangat berbeda di bawah pengaturan cahaya yang berbeda, dan apa yang tampaknya menarik pada siang hari mungkin tidak tampak menarik saat matahari terbenam!

- Lakukan test untuk memeriksa bagaimana warna cat akan terlihat, dan bayangkan warna ini di seluruh dinding.

- Pilihlah maksimal 4 warna dasar dan 2 pola. Coba warna ini secara bergantian sebagai warna primer dan sekunder.

- Mengecat interior dengan warna netral. Ini pas sekali bagi Anda yang sering mengubah bagan warna interior sesuai dengan mood. Kenapa? Setiap kali Anda berada dalam mood berbeda, Anda hanya perlu merubah nuansa interior rumah dengan penggabungan warna dengan merubah warna selimut bantal, selimut sofa, gorden, atau karpet.

- Gunakan warna untuk menciptakan ilusi. Menggunakan warna gelap untuk bab dinding dan langit-langit dapat mengakibatkan dinding tampak menarik, ditambah cahaya dengan nuansa netral dapat menciptakan ilusi dinding sedang menjauh. Demikian pula, mengecat bab langit-langit dengan warna yang lebih gelap dibandingkan dinding dapat membuat mereka tampil lebih rendah dan sebaliknya.

- Gunakan warna terang untuk menonjolkan bab dinding dan warna gelap untuk menyorot rincian trim dan relung dinding ruangan. Sesuaikan warna skirting dengan lantai untuk menunjukkan nuansa tampak lebih besar.

Demikian ulasan tips memilih warna cat untuk interior rumah, agar dapat menginspirasi Anda yang sedang berencana merenovasi ruang interior, salam!


EmoticonEmoticon