Cara Membersihkan Lantai Parket - Lantai parket merupakan salah satu lantai paling cantik dan memperlihatkan tampilan interior rumah yang sangat berkelas dan elegan. 

Namun lantai parket tidaklah murah dan merupakan salah satu investasi besar di rumah Anda. Untuk menjaga biar lantai parket tetap berkilau dan untuk mencegah usang dan membosankan, Anda perlu membersihkannya secara teratur dengan cara yang benar. 

Lantai ini terdiri dari ubin kayu atau balok kayu yang dipasang bersama-sama. Biasanya lantai parket terbuat dari jenis kayu dan tekstur kayu yang berbeda untuk memperlihatkan penampilan yang unik dan dekoratif. Jenis lantai ini tersedia dalam banyak sekali referensi menyerupai herringbone, kotak-kotak dan gaya bata. 

Lantai parket memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis lantai kayu lainnya, yaitu lebih tahan lama. Jika Anda ingin lantai parket di rumah Anda tetap terlihat menyerupai gres dan bertahan selama puluhan tahun. Anda harus melaksanakan perawatan yang tepat, bagaimana cara merawat lantai parket? Berikut ini tipsnya, silahkan di simak baaik-baik :)

Cara Membersihkan Lantai Parket


Sebelum Anda membersihkan lantai parket, penting untuk mengetahui jenis lantai perket di rumah Anda. Jika lantai parket menggunakan pernis atau lapisan lak, maka sangat penting bahwa Anda tidak menggunakan air untuk membersihkan lantai. Air akan merusak lantai dan menyebabkannya melengkung. Jika lantai parket memiliki lapisan polyurethane, maka Anda dapat membersihkan lantai dengan air. Berikut ini tips membersihkan lantai kayu parket yang mampu Anda coba dirumah:

1. Singkirkan Furnitur

Langkah pertama dalam membersihkan lantai parket yakni menyingkirkan semua perabotan dari lantai. Hal ini memungkinkan Anda untuk membersihkan seluruh permukaan lantai. Selain itu juga untuk mencegah akumulasi debu di bawah perabotan yang dapat menjadi sangat sulit untuk dibersihkan.

2. Vakum

Setelah Anda telah menyingkirkan semua perabotan, vakum lantai parket dengan penyedot debu. Anda juga dapat menggunakan kain pel dengan pegangan panjang fleksibel untuk menghapus semua kotoran dan debu pada lantai.

3. Mengepel

Ketika semua kotoran dan debu di permukaan lantai telah disedot, langkah berikutnya yakni melaksanakan pembersihan lebih menyeluruh. 

Basahi kain pel berkualitas bagus dengan air yang dicampur dengan beberapa tetes cairan pencuci piring. Peras kain pel hingga air tak bersisa dan mulailah mengepel lantai. 

Selalu pastikan bahwa Anda mengepel lantai dengan kain pel yang sudah benar-benar diperas dan tidak ada air tersisa. Jika lantai parket Anda telah dipernis atau shellacked, hindari membersihkan lantai dengan kain pel basah.

4. Buffing

Setelah Anda final mengepel lantai dengan kain pel, Anda perlu menghilangkan kelembaban dan residu sabun pada lantai. Gunakan kain lembut menyerupai kain handuk atau kain popok untuk menggosok lantai parket dengan gerakan melingkar. Lakukan dari satu ujung lantai ke ujung lainnya dan pastikan bahwa Anda menggosok dengan tekanan lembut. Proses ini dikenal sebagai buffing, dan ini membantu mengakibatkan penampilan lantai lebih mengilap.

Jika selama ini Anda lalai membersihkan lantai parket secara teratur, maka mungkin kotoran dan minyak telah menumpuk pada lantai parket Anda. 

Untuk membersihkan noda yang sulit tersebut, Anda perlumenggosok lantai dengan spons lembut yang telah dibasahi dengan campuran cairan pencuci piring dan air hangat. 

Jika minyak dan debu masih belum hilang, maka Anda perlu membersihkannya dengan pad nilon yang telah dibasahi dengan cairan pencuci piring. 

Cara terbaik untuk menjaga lantai parket Anda biar tetap terlihat menyerupai gres yakni membersihkannya secara teratur. 


EmoticonEmoticon