Efek Emosi dalam Warna Cat Interior Rumah - Anda sedang mencari insipirasi warna cat untuk interior rumah? Pastinya sudah kenal dengan konsep color wheel atau roda warna. Ya dengan memahami roda warna dan efek psikologi yang ditimbulkan dapat menjadi pola untuk menentukan warna yang pas dengan kepribadian Anda.

Seperti yang kita ketahui, ada 3 warna utama dalam roda warna ini yaitu merah, biru dan kuning. Ketika 3 warna primer ini di campur akan menghasilkan warna skunder, contohnya violet (kombinasi merah dan biru), hijau (kombinasi biru dan kuning) dan orange (kombinasi merah dan kuning). Setengah dalam roda warna mempunyai warna-warna yang sejuk menyerupai biru, ungu dan hijau. Setengah lainnya terdiri warna hangat menyerupai warna merah, orange dan kuning.

Efek Emosi dalam Warna Cat Interior Rumah

Ada begitu banyak pilihan kombinasi warna yang mampu kita terapkan untuk interior rumah kita, tetapi penting juga untuk memahami efek yang ditimbulkan oleh sebuah warna, berikut ini beberapa penjelasan perihal warna dan efek emosi yang ada di baliknya.

image via homedit.com
Putih: Warna ini menawarkan suasana tenang dan tenang. Warna ini cocok diterapkan pada ruang kamar tidur dan kamara mandi. Namun warna putih juga mampu mengakibatkan nuansa hampa, jadi ada baiknya Anda menghias lis dinding dan siding dengan warna cerah menyerupai biru, merah atau warna terang lainnya. Alternatif lainnya, warna putih mampu dikombinasikan dengan warna krem dan abu-abu.

image via homecaprice.com
Hitam: Hitam merupakan warna yang berani dan dapat menciptakan aneka macam suasana hati. Warna ini dapat menjadikan ruangan tampak mutakhir dan stylish. Untuk meyeimbangkan warna hitam, gunakanlah furnitur berwarna terang dengan nuansa krem atau abu-abu. Selain itu Anda juga dapat menggantungkan lukisan pada dinding dengan cat hitam, ini akan menjadikan ruangan terlihat funky. Warna ini cocok untuk ruang tamu dan warna turunannya, abu-abu cocok untuk kamar tidur atau kamar mandi. Namun biasanya warna hitam dikaitkan dengan kegelapan, jadi Anda harus mengunakan warna ini dengan hati-hati.


image via nallau.com
Biru: Warna ini populer untuk mengecat interior rumah dan cocok untuk semua ruangan, terutama kamar tidur dan kamar mandi. Warna biru menawarkan suasana hati yang tenang dan sejuk. Nuansa warna biru yang terkenal ialah aqua, pirus dan biru langit.

image via vhuzi.com
Kuning: Warna ini sangat cocok untuk kamar tidur anak-anak, alasannya ialah warna kuning dapat menciptakan perasaan cerah dan ceria. Anda mampu mengkombinasikan warna ini dengan hampir semua warna, namun warna yang paling pas biasanya ialah warna merah dan biru.

image via posuke.com
Coklat: Warna ini mampu mengakibatkan efek perasaan muram dan kusam, namun kalau dikombinasikan dengan furnitur yang sempurna mampu menjadikan ruangan terlihat berani dan maskulin. Warna ini cocok untuk kamar tidur pria.

image via fancycribs.com
Merah: Warna ini indentik dengan perasaan berani dan gairah. Warna turunannya menyerupai merah muda banyak digunakan untuk kamar tidur perempuan. Warna turunan lainnya merah anggur dan melon cocok untuk ruang keluarga kalau terdapat furnitur berwarna cerah. Anda juga mampu mengkombinasikan warna ini dengan warna lainnya menyerupai kuning, biru dan putih.

image via housetohome.co.uk
Hijau: Warna ini kurang pas kalau digunakan untuk ruang interior, namun mampu juga untuk mengecat ruang dapur. Warna ini melambangkan alam dan menciptakan suasana keseimbangan dan harmoni. Anda mampu mengkombinasikan warna ini dengan warna kuning, putih dan abu-abu untuk menjadikan ruangan tampak lebih menarik.

image via decoration7.com
Ungu: Warna ini indetik dengan gaya dan kecanggihan. Selain itu warna ini juga menjadi pilihan populer untuk kamar tidur perempuan dan ruang dapur kontemporer.

Tips:

Berikut ini tips untuk memilih warna cat untuk interior rumah:

- Selalu menyeimbangkan warna, misalnya, kalau dinding dicat dengan warna-warna cerah, tempatkan furnitur berwarna terang di dalam ruangan dan sebaliknya. Warna-warna berani menyerupai merah mampu dilengkapi dengan peralatan berwarna hitam atau mebel dengan warna putih, dll.

- Jika Anda ingin menciptakan suasana tenang, pilih denah warna monokromatik (satu warna utama dikombinasikan dengan dua atau lebih warna turunan).

- Cat semi gloss sangat tahan lama dan dapat dibersihkan. Cat jenis ini cocok digunakan untuk ruang dapur dan kamar mandi. Untuk kamar tidur dan ruang tamu, Anda mampu menggunakan cat jenis flat.

- Gunakan software virtual atau sempel cat untuk memilih warna yang sempurna dan cocok dengan ruang interior rumah Anda.

- Sebelum mengecat ulang interior rumah, pastikan Anda telah menyelesaikan persiapan pengecatan, menyerupai mengikis cat lama, menyingkirkan jamur, dll.


EmoticonEmoticon