4 Gaya Skema Warna Cat Untuk Eksterior Rumah - Eksterior rumah memang salah satu yang menjadi perhatian dalam memoles tampilan rumah semoga tampak cantik dan nyaman dipandang. Jika Anda salah memilih warna, rumah akan terlihat kurang bagus. Jika Anda sempurna memilih sketsa warna, mampu membuat rumah Anda tampak paling menonjol di lingkungan sekitar. Mau kan rumah Anda jadi rumah yang paling elok? Nah untuk itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai gaya sketsa warna cat untuk eksterior rumah.

4 Gaya Skema Warna Cat Untuk Eksterior Rumah


1. Skema Warna Tunggal

Skema warna ini merupakan gaya yang paling umum diterapkan oleh kebanyakan orang. Gaya ini hanya menggunakan satu warna utama ditambah dengan dua atau lebih warna yang sama untuk mempertegas. Contohnya warna utama biru terperinci mampu dikombinasikan dengan biru muda dan biru tua. Skema warna tunggal ini disebut juga dengan warna monokromatik.

Gaya sketsa warna ini paling cocok untuk rumah yang berada di lingkungan konservatif dan juga pas untuk pemilik rumah yang tidak ingin mengambil resiko, dan tidak ingin bereksperimen dengan warna yang berbeda.

2. Skema Warna Saling Melengkapi

Dalam sketsa warna gaya ini, dua warna yang saling melengkapi digunakan untuk mengecat eksterior rumah. Warna yang saling melengkapi ini yakni warna yang berlawanan satu sama lain pada spektrum palet warna. Skema saling melengkapi menunjukkan banyak nuansa kontras yang menyebabkan rumah tampak lebih hidup. Rumah akan tampak hidup dengan satu warna secara umum dikuasai danditambah dengan dua atau tiga aksen warna yang saling melengkapi.

3. Skema Tiga Warna

Seperti namannya, sketsa ini menggunakan tiga warna yang berbeda ditempat yang berdekatan. Jika Anda ingin mengecat eksterior rumah Anda dengan gaya sketsa tiga warna ini, Anda perlu saran seorang ahli, kenapa? Karena sketsa ini sangat kompleks. Jika Anda sembarangan menentukan warna dan posisi, eksterior rumah Anda akan tampak kacau, mampu terlalu mencolok dan norak. Jika kompisisnya tepat, eksterior rumah Anda akan terlihat bersemangat, eye-catching dan indah.

4. Skema Warna Analog

Skema ini juga dikenal sebagai sketsa warna yang berhubungan, berdekatan atau saling terkait. Skema warna ini menggunakan warna-warna yang diposisikan saling berdekatan. Dalam hal ini, satu warna secara umum dikuasai dan warna lain digunakan sebagai highlight. Ini merupakan sketsa yang cukup kompleks, tetapi karena ada keselarasan yang melekat antara warna cluster yang dipilih risikonya lebih mudah diterapkan dibandingkan dengan sketsa tiga warna.

Tips

- Gunakanlah sketsa warna yang sinkron dengan seluruh adegan eksterior rumah. Pastikan juga tidak ada bentrokkan warna dengan landscape atau dengan interior rumah.

- Warna terperinci membuat rumah terlihat lebih besar, sementara warna gelap membuat rumah terlihat lebih kecil. Warna terperinci lebih menyoroti rincian pada permukaan dinding. Jadi, jikalau Anda memiliki rumah dengan ukuran kecil, gunakanlah warna cat yang terperinci semoga rumah tampak lebih besar.

- Belilah cat dengan kualitas terbaik. Mungkin harganya sedikit lebih mahal tapi biasanya punya daya tahan yang bagus. Cat dengan kulitas bagus merupakan pilihan yang lebih murah dalam jangka panjang.

Sebuah survey menungkapkan bahwa sketsa warna eksterior rumah yang paling populer yakni warna putih, biru muda, krem, beige dan coklat. Mungkin ini disebabkan karena keseimbangan dan harmoni yang diproyeksikan oleh warna-warna netral menyerupai warna beige dan krem. Demikian ulasan mengenai sketsa warna cat untuk eksterior rumah, semoga bermanfaat, salam!


EmoticonEmoticon